Posted on

BUDI PEKERTI

 TOLERANSI

Toleransi adalah istilah dalam konteks sosialbudaya dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat. Contohnya adalah toleransi beragama, dimana penganut mayoritas dalam suatu masyarakat mengizinkan keberadaan agama-agama lainnya. Istilah toleransi juga digunakan dengan menggunakan definisi “kelompok” yang lebih luas, misalnya partai politikorientasi seksual, dan lain-lain. Hingga saat ini masih banyak kontroversi dan kritik mengenai prinsip-prinsip toleransi, baik dari kaum liberal maupun konservatif.

Toleransi berarti bersikap tenggang rasa diri, bersikap sabar, membiarkan orng berpendapat lain, dan berhati lapang,bersikap menghargai pendirian orang lain, penyimpangan yang masih dapat diterima dalam pengukuran kerja. Adapun yang menjadi landasan toleransi beragama adalah mengingat negara  RI merupakan negara yang terdiri dari ribuan pulau besar maupun kecil, yang terdiri dari berbagai kebiasaan-kebiasaan/adapt istiadat, warna kulit, bahasa, suku, ras, dan keyakinan/ agama yg berbeda-beda pula.

Sikap toleransi antar umat beragama yang tertanam dalam diri sangat besar manfaatnya untuk menumbuhkan sikap hormat menghormati antar pemeluk agama sehingga tercipta suasana yang tenang, tentram dan damai. Sikap toleransi harus di kembangkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan keluarga, kehidupan masyarakat, maupun dalam kehidupan beragama. Dilingkungan keluarga toleransi ini merupakan dasar untuk membentuk keluarga yang harmonis,tentram dan damai. Anatra anggota keluarga terdapat hubungan timbal balik, yang saling menghormati dan saling menghargai.

Toleransi dalam kehidupan masyarakat dapat dicapai dengan mengujutkan kerukunan dan ketenangan antara sesama pemeluk agama yang berbeda-beda, kita hendaknya menyadari bahwa kita melupakan satu bangsa yang hidup bersama-sama di tempat yang sama dan dengan tujuan nasional yang sama pula.

About dwjputra

Karna Cinta bisa Buat Orng Jadi Gila...... dan Karna Cinta bisa buat Orng menderita.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s